Hypnosleep Memang Benar-Benar Ada Atau Hanya Sekedar Sensasi?

Hypnosleep Memang Benar-Benar Ada Atau Hanya Sekedar Sensasi?

Salah satu teknik terapi dalam hipnosis yang dasyat dan luar biasa adalah hypnosleep. Bahkan kedasayatannya tersebut disandingkan dengan berita SENSASI. Jadi apakah benar jika hypnosleep itu memang benar-benar ada? Atau jangan-jangan hanya sekedar sensasi belaka.

Penasaran atau tidak percaya? Artikel ini akan memberikan jawabannya. Setidaknya artikel ini akan menjawab 4 (empat) pertanyaan menarik tentang hypnosleep. Apa saja itu? Tentu saja mengenai Apa, Siapa, Untuk Siapa dan Bagaimana.

Apa Hypnosleep itu?

Hypnosleep adalah kondisi hinosis yang terjadi ketika seseorang berada dalam kondisi mau tidur atau bahkan sedang tertidur. Jadi biasa dilakukan ketika mau tidur atau membangunkan seseorang yang sedang tertidur (tidak sampai bangun).

Siapa Penggagas Hypnosleep itu?

Hypnosleep digagas pertama kali oleh Hippolyte Berheim sekitar 1890 dalam bukunya yang terkenal dan tersohor sampai sekarang, Suggestive Therapeutics. Berdasarkan pengetahuan inilah maka seorang tokoh hipnosis yang bernama Dave Elman lah yang berjasa mempolulerkan cara melakukan hypnosleep.

Untuk Siapa Hypnosleep itu?

Lalu sebenarnya hypnosleep itu dirancang untuk siapa? Tentu saja untuk semua orang. Meskipun demikian teknik ini lebih sering digunakan untuk menghipnosis anak-anak. Apakah orang dewasa tidak bisa dihypnosleep? Sebenarnya juga bisa. Apakah kita tertarik untuk mencobanya?

Bagaimana Prosedur Hypnosleep itu?

Nah, sekarang kita sudah sampai pada intinya. Yaitu prosedur untuk melakukan hypnosleep. Khususnya untuk anak-anak. Bagaimana caranya? Setidaknya ada 3 (tiga) prosedur yang dapat kita terapkan.

Mari kita lihat 3 (tiga) prosedur untuk melakukan hypnosleep :

    • Menunggu anak tertidur

Biarkan anak tertidur dengan lelap dan pulas. Pastikan jika anak benar-benar sudah tertidur sangat lelap. Pada kondisi ini gelombang pikiran anak sudah berada dalam gelombang alfa, teta atau delta yang sangat cocok untuk dimasuki sugesti.

  • Mendekati anak dengan hati-hati

Dekati anak dengan hati-hati dan perlahan. Jangan sampai membuat kejutan yang akan membuat anak bangun secara tiba-tiba. Kita harus melakukannya dengan sangat perlahan dan teliti.

  • Membisikkan sugesti kepada anak

Bisikkan kata-kata kita pada telinga sang anak. Sugesti yang kita berikan harus lembut namun tegas dan dengan bahasa yang dimengerti anak.

Berikut ini adalah contoh sugestinya :

“Budi ini mama, Budi sekarang dapat mendengar suara mama tapi tetap tidur”.

(katakan setidaknya 7x)

Selanjutnya :

“Kalau Budi sudah dapat mendengar suara mama, sekarang gerakkan jari telunjukmu ini (pegang telunjuk anak dan tunggu responnya)

Jika sudah berhasil, masukkan sugestinya :

“Budi yang baik mulai sekarang kamu jadi anak rajin. Budi jadi senang belajar di sekolah. Budi senang dengan guru-guru disekolah. Budi memperhatikan ketika pelajaran. Budi senang mengerjakan PR di rumah dan semakin Budi rajin belajar, nilai Budi akan semakin baik”.

(ulangi setidaknya 7x)

021/H

Speak Your Mind

*